Rabu, 05 September 2018

Playlist Lagu Supir Travel Kerinci - Jambi


Transportasi darat saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat Kerinci yang hendak keluar daerah. Yaa walaupun sudah ada pesawat setiap hari yang keluar masuk Kerinci. Tetap saja naik angkutan darat jadi lebih menarik.

Saking senangnya masyarakat Kerinci naik angkutan darat, sampai-sampai ada lagunya. Safa Marwa yang dinyanyikan oleh Eka Diana. Lagu yang berisi lirik kisah kasih orang Kerinci yang merantau ke negeri orang. Merindukan pulang dan naik travel ber merek Safa Marwa yang nambang ke Jambi, hingga Jakarta.

Sungguh sebuah teknik branding yang bagus, mempromosikan travel lewat sebuah lagu daerah yang dikenang sepanjang masa oleh masyarakat Kerinci.

Ketika awal-awal pesawat masuk ke bandara Depati Parbo Kerinci. Tentunya sebuah ancaman bagi pemilik usaha travel, karena warga masih penasaran dengan rasa naik pesawat dengan trayek Kerinci - Jambi dan Jambi - Kerinci.

Sekarang, tiket pesawat Kerinci - Jambi dan sebaliknya nauzubillah mahal. Mencapai 1 jutaan, jauh lebih murah lagi tiket Jambi - Jakarta.

Situasi ini dimanfaatkan oleh pengusaha travel untuk menggaet kembali penumpangnya. Tentu dengan cara baru. Membuat penumpang nyaman dengan menghadirkan armada baru.

Penambahan armada baru ini tentu mendapatkan review bagus dan menyebar dari mulut ke mulut. Ruang kaki yang lebih luas, dikasih selimut dan air mineral. Rupanya ini yang membuat banyak orang jadi suka.

Selama perjalanan ke Jambi, hentakan di jalan berlubang pun semakin minim.

Namun sayang, pengalaman saya pribadi merasakan ada yang kurang selama perjalanan ke Jambi kemaren.

Music yang diputar selama perjalanan kebanyakan musik minang. Rayola, Ratu Sikumbang, dan Ria Amelia merajai playlist supir travel Kerinci.

Terlalu sedikit lagu Kerinci asli. Padahal semua penumpang nya asli orang Kerinci. Ini sangat saya sayangkan karena saya jadi hapal lagu yang diputar sepanjang jalan. Selama perjalanan saya susah tidur walaupun sudah senyaman itu.

Alhasil terjaga sambil bibir mengikuti alunan lagu minang.

Saya curiga kalau ini agenda Pe-minang-an orang Kerinci. hmmm.