Sabtu, 07 Juli 2018

Pertama Kali Masuk Dunia Politik



Saya tak pernah menyangka ditahun 2018 ini ketika Pemilihan Bupati Kerinci 27 Juni kemarin ikut terlibat memenangkan salah satu pasangan calon.

Awalnya kami bertiga Yuda Oktana, Khairul Amar, dan Saya sebelumnya tergabung dalam tim Kerinci Today. Di Awal Ramadhan 2017 datang ke salah satu paslon dalam acara deklarasi dirinya akan maju dalam kontestasi politik Kerinci.

Karena kami sebelumnya berada dibalik media Kerinci Today, sedikit paham tentang media sosial dan konten yang akan di tampilkan. Belajar dari beberapa contoh pilkada lain, salah satunya Pilkada DKI Jakarta.

Kerinci yang selama ini dikenal dengan Politik yang gitu-gitu aja. Maka harapannya dengan terlibat nya kami akan membawa warna berbeda.

Kami bertiga bagi-bagi tugas, Saya urusan desain, Yuda urusan isi konten, dan Khairul Amar urusan mem-viral-kan di sosial media alias admin beberapa grup WhatsApp dan grup Facebook.

Hal ini kami terapkan setelah mengikuti workshop-nya Pak Deddy Rahman (CEO Katapedia) yang juga konsultannya Anies-Sandi di Jakarta akhir tahun lalu.

Banyak hal yang kami lalui, bagaimana dibalik layar sebuah isu yang di konsumsi orang banyak dibuat, bagaimana keputusan politik diambil, bagaimana me-manage tim yang solid dan bebas penyusup.

Kami mulai mem-branding paslon yang kami dekati, membuat narasi, membuat video dan citra lainnya melalui sosial media. Ya, hanya melalui sosial media. Isu yang disebar lebih efektif dan ngena.

Dan Alhamdulillah pada akhirnya paslon yang kami dukung menang versi hitung KPU dan sudah di sahkan kemarin. Semua berkat tim kampanye, tim pemenangan dan semua pihak yang terlibat.

Banyak yang bertanya setelah menang, kami dapat apa. Hey bro, let me tell you something, kami gak pernah minta apa apa, entah itu jabatan atau project ke calon yang kami dukung. Dijanjikan sih pernah, tapi sama sekali tidak pernah terniat dalam hati untuk minta sesuatu.

Menang ya sudah, sama-sama kita kawal program yang telah dibuat dan dijanjikan untuk masyarakat Kerinci.

Bagi saya pribadi, ini tentu pengalaman yang berharga sekali, saya jadi banyak kenal orang-orang yang selama ini rasanya saja gak mungkin punya kontak WhatsApp mereka. Mulai dari ketua-ketua partai, anggota dewan, sampai tim garis depan.

Satu satunya harapan terbesar saya adalah Kerinci kedepan semakin berjaya dan lebih baik dari sebelumnya.

Demikian sedikit cerita tentang masuk dunia politik, saya dan kerabat kerja yang bertugas undur diri dari blog ini. Mau sarapan dulu. Babay.