Tuesday, December 26, 2017

Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Dapat Desain Bagus

Di luar sana, pekerjaan menjadi desainer grafis itu sudah bisa hidup, sandang pangan papan terpenuhi. Sedangkan di Indonesia, para desainer grafis seperti saya ini boro boro bisa buat hidup, dibayar aja kadang iya kadang enggak.

Mungkin bagi beberapa orang pekerjaan desainer grafis ini sepele dimata mereka. "Halah! cuma corat-coret aja dikit, tambahin ini itu masa bayar sih". Kalau ketemu orang kayak begini rasanya pengen saya tekan hidungnya seperti saya menekan keyboard laptop dan berkata "Kalau lu bisa, bikin aja sendiri ngapain nyuruh guaa".

Malah kadang, mereka yang pesan desain lebih tau dari orang yang nge desain. Sebel akutu.

Walupun otodidak, saya menghabiskan waktu untuk belajar ini dua tahun, bray. Bukannya sebentar itu. Kalau ibarat pacaran itu udah anniversary 2 kali, lumayan kan.

Iyasih desain bagus dan tidak itu relatif, dari beberapa klien yang pernah saya tangani mereka puas kok.

Sudahlah daripada saya mendongkol, berikut saya berikan beberapa tips jika kamu benar-benar butuh jasa desain dengan hasil yang bagus:

1. Pilih Desainer yang Berpengalaman

Bagus tidaknya desain yang dihasilkan nanti dapat dilihat dari desainer pilihan kamu, pilih yang sudah berpengalaman menangani banyak klien. Lihat juga portfolio desainnya. Jika kamu suka cara dia bikin desain, pesan saja langsung.

2. Siapkan Budget

Kuy kita sepakati dulu bahwa desain yang bagus itu sesuai harga. Siapkan harga untuk sebuah desain yang menurutmu bagus dan keceh. Kalau tidak siap budget, gausah sok-sok-an mau oake jasa desainer deh. Jangan harap lah desain bagus tapi murah. Tidak ada itu. Simpan Argumenmu.

3. Berikan Design Brief yang Jelas

Banyak banget nih yang kek gini, cuma bilang "bri bikin spanduk acara, mau dicetak 30 menit lagi". Monangis akutu. Acaranya apa, dimana, kapan dan temanya apa kan belum jelas. Apa yang mau ditulid di spanduknya coba. Jadi, cobalah kasih design brief yang jelas, biar desainer kamu juga happy.

4. Berikan File Pendukung yang Masuk Akal

Niatnya mau bikin desain Billboard selabar 5 meter tapi ngasih file cuma 5kb. Billboard buat semut kali yaa kalo file segitu.

Kasih dong file yang bener bener mantap, biar tinggal di desain sebagus mungkin oleh desainernya.

5. Jangan Terlalu Banyak Revisi

Sudahlah bayarnya murah, revisinya sampai belasan kali. Itu sama aja kayak lagunya Afgan - Sadis. Apa kamu gak malu revisi terus? Desainermu juga punya kerjaan lain, gak hanya ngurusin maunya kamu.

Udah gitu aja. Ingat baik-baik yaa ada harga yang bagus untuk desain yang bagus pula. Andailah kamu tau, desainer grafis itu mengorbankan waktunya hanya untuk menggarap project darimu. Cobalah untuk mengerti, dibalik harga teman yang kamu tawarkan itu sebenarnya ada hati yang dongkol. Maka jangan heran kalau hasilnya tidak sebagus klien lain yang ia desain.