Kamis, 15 Juni 2017

Kita Benar-benar Kalah Sama Jepang

Siapa yang tak kenal Jepang, sebuah negara penuh show-show aneh di TV mereka, anime yang merajai otak anak muda kita, atau makanan yang hampir setiap negara selalu ada restoran jepangnya.

Juga tak kalah terkenal adalah disiplinnya orang Jepang, sampai polisi jepang nyari-nyari kerjaan biar tak nganggur, polisi jepang sengaja menunggu  maklumlah tindakan kriminal di negara itu begitu minim.

Ada juga istilah Karoshi,  kerja sampai mati di Jepang. Sementara kita disini malas-malasan bekerja, dan disisi lain juga mati-matian cari kerja.

Jepang memang jadi idola banyak remaja kita, dari anime, fashion, sampai industri per-film-an mereka yang rajin di unduh banyak orang.

Kita benar-benar kalah sama Jepang. Bagaimana tidak, setiap bulan Ramadhan menjelang hari raya, selalu tampak bapak-bapak lengkap dengan helm proyek di jalan-jalan berlobang. Sudah jadi rahasia umum bangsa ini, setiap mau mudik selalu ada perbaikan jalan.

Kenapa memperbaiki jalan selalu pas momen Ramadhan dan lebaran? kan kasian bapak-bapak​ yang kerja panas-panasan, ditambah lagi yang konsisten puasa.

Selalu muncul pertanyaan yang sama setiap tahunnya di benak saya, kenapa tidak diperbaiki jauh-jauh hari sebelum Ramadhan sih, Pak?. Apa memang sengaja bikin macet dan ganggu arus mudik?

Bagaimana dengan kerja orang Jepang dalam mengatasi jalan rusak?

Pada bulan November 2016 lalu, sebuah lubang menganga di tengah jalan utama di Jepang. Tak butuh waktu lama, cukup 2 hari setelah lubang itu terbentuk jalan sudah dapat dilalui seperti biasa bahkan 30 kali lebih kuat dari sebelumnya.

Sedangkan di Indonesia, nunggu setahun kemudian baru diperbaiki. Waktu perbaikan jalan itu pun selalu mendekati Ramadhan dan lebaran. Mungkin saat ditanya bisa saja orang PU menjawab karena dananya baru cair pas momen Ramadhan.

Tapi ya kok tiap tahun bikin jalan aja kerjaannya.