Selasa, 09 Februari 2016

Pertama Kali Membersihkan Mantan

Sekarang aku menyebutnya mantan, walaupun masih tetap selalu bersamanya siang malam. Aku sangat peduli sekali dengan mantanku, peduli kebersihannya, peduli tentang kemampuannya.

Aku sadar kebersihan mantan yang selalu ku jaga selama ini hanya dari tampilan luarnya saja, rajin meyemprotkan cairan pembersih monitor agar mantanku nyaman dilihat, membersihkannya dari debu-debu yang hinggap agar aku tak batuk-batuk saat bersamanya.

Hari ini aku beranikan diri membersihkan mantanku untuk pertama kalinya. Dengan bersenjatakan obeng lengkap satu set yang telah ku beli tadi pagi seharga Rp.40.000.

Sesuai petunjuk video tutorial tentang tata cara membuka casing laptop yang telah aku tonton di youtube, aku membuka satu persatu baut mantanku yang bernama Asus dengan tipe X200ca ini dengan prinsip baut sebelah kanan terlebih dahulu sesuai tuntunan syariat tentang medahulukan yang kanan.

Asus X200CA

Setelah semua baut lepas dari body mantanku, sesuai petunjuk dalam video tutorialnya kulanjutkan dengan membuka body utama kemudian menanggalkan bagian-bagian yang disebut: sambungan monitor, sambungan touchpad dan keyboard, baterai, hard drive, serta motherboard.

Ternyata sudah banyak sekali debu yang hinggap di dalamnya. Langsung kubersihkan satu persatu bagian tubuh sang mantan yang telah menemani keseharianku ini.

Setelah semuanya bersih, kupasangkan kembali bagian-bagian yang tadi telah aku lepas dan Alhamdulillah setelah semuanya terpasang, tak ada baut yang berlebih.

Sekarang mantanku ketika menyala sudah tidak ada bunyi kipas yang bising seperti sebelumnya. Mantanku sekarang sudah bersih, ia siap menemaniku kapan saja.

Ingatlah wahai kawan, jagalah kebersihan mantanmu dari debu­.