Sabtu, 30 Januari 2016

Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnis

Ada sebuah hadits yang menjunjung tinggi profesi pedagang.

‘Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada pada perdagangan’
Saya kurang tahu betul apa posisi hadits tersebut, apakah shahih atau dhaif, yang jelas saya semangat sekali jika terpikirkan suatu hal di benak saya tentang bisnis.


Sedikit berbagi tentang pengalaman saya dalam hal bisnis-berbisnis, pertama kali saya membuka warung internet, awalnya berjalan lancar tapi tak bertahan lama, baru satu tahun sudah menyerah, saya berhenti buka warnet karena saya sendiri yang mengelola sedangkan saya sudah masuk semester akhir, saya takut tak bisa fokus makanya saya berhenti di tahun pertama.

Boleh dibilang saya tidak berhasil membangun usaha tersebut, karena memang kurang perencanaan. Dalam jangka waktu masih membuka warnet, saya mencoba lagi berbisnis dnegan menjual pashmina, dan lagi-lagi kurang beruntung, kalau anda tanya karena apa, saya akan jawab : TANPA PERENCANAAN. Karena gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Dengan pengalaman saya berbisnis yang ternyata cukup memalukan tersebut saya akan memberikan beberapa hal yang kedepannya perlu saya benahi jika mau memulai bisnis.

1. Pastikan anda membuat perencanaan bisnis (business plan) agar tidak mengalami yang saya alami, dengan adanya perencanaan yang matang, arah usaha anda akan jelas tujuannya.

2. Siapkan modal untuk mendukung usaha anda, kalau modal anda terbatas tapi tetap ingin berbisnis, awali dengan menjadi reseller. Dengan begitu anda tak butuh modal besar, anda hanya sebagai perantara atau makelar antara pemilik toko dengan pelanggan.

3. Beriklanlah gratisan di forum-forum atau sosial media jika anda merintis bisnis online. Jika anda berjualan di facebook, lebih baik pakai facebook pribadi saja dibandingkan membuat fanpage, tak bisa langsung jualan karena harus ngemis like dulu atau di bantu share oleh teman anda. Akan lebih efektif jika dengan akun pribadi, selain bebas tambah teman juga tak repot promosi fanpage.

4. Konsisten dalam berusaha. Usaha anda tak serta-merta akan jadi besar oleh banyaknya pembeli, karena pembeli adalah raja, anda perlu menjaga nama baik toko dan nama baik anda sendiri, intinya menjaga kepercayaan pembeli itu penting. Inshaa Allah sedikit demi sedikit akan berkembang.

5. Jalin kerja sama dengan teman-teman anda, ajak mereka terlibat dalam bisnis yang anda geluti. Karena manusia tak akan besar dengan sendirinya jika tak ada manusia hebat juga disampingnya. Jalinlah komunikasi yang baik dengan teman, agar menambah link dagang anda. Karena memang benar silaturrahim itu pintu rezeki.

6. Just Do It. Lakukan saja apa yang anda bisa, tak lupa juga sambil menambah pengetahuan. Karena bedanya orang sukses dan tidak adalah orang sukses memilih untuk melakukan.

7. Sedekah. Anda tentu paham dengan dakwah Ust. Yusuf Mansur. Sedekah memang penting karena rezeki yang kita dapat bukan punya kita semua, ada haknya orang lain yang lebih membutuhkan.

Hanya 7 point saja yang dapat saya bagikan kepada anda tentang bisnis, saya tau bahwa saya masih minim sekali pengetahuan tentang bisnis, dan saya akan terus belajar dari kesalahan terdahulu.

Selamat berbisnis, Semangat berbisnis. Jujurlah dalam berbisnis.