Friday, September 4, 2015

Saran Tontonan dari Youtube Pekan Ini

Akhir akhir ini, diwarnet saya banyak anak-anak yang kalau bermain di dalam bilik warnet, mereka menonton situs youtube. Biasanya mereka juga sering nonton youtube, namun kali ini bukan video boboiboy lagi yang mereka tonton.

Tapi video yang disarankan youtube di halaman depannya itulah yang mereka tonton. Anak-anak mungkin tak berpikir panjang setelah buka situs youtube, mereka langsung klik apa yang tampil dan itulah yang mereka tonton.

Saya sebagai penjaga warnet terbilang jarang buka youtube, lebih asik jadi silent reader di forum-forum. Namun karena suasana ketika saya buka forum sudah berbeda, tidak ada lagi terdengar logat malaysia.

Yang ada malah lagu dangdut dengan lagu cinta-cintaan, dan itulah yang ditonton anak-anak di warnet saya akhir-akhir ini.

Dengan vitur watch client di billing, saya mengintip video apa yang sedang mereka tonton dari billing server. Terlihatlah video apa yang sedang mereka tonton, judulnya “Uut Selly - Mencintaimu - Dangdut Koplo Goyang Njengking”.

Saran Tontonan dari Youtube yang bebas ditonton anak-anak.
Anda bisa ketik sendiri di youtube. (atau barangkali anda sering menontonnya :D)

Ah! saran dari youtube benar-benar tidak beres, anak-anak dengan tanpa punya akun bisa menonton dengan mudahnya.

Saya mencoba bersikap bijak saja sebagai penjaga warnet. Jika ada anak-anak yang nonton video sejenis lagi, langsung saya matikan dari billing server, kemudian saya peringatkan mereka dengan alasan ‘yang lain jadi lelet kalo buka youtube’.

Pelajaran untuk kita semua, jangan lalai mengawasi anak, jangan ngajak anak untuk nonton video Uut Selly, atau nonton videonya dan anak-anak jangan sampai tau.