Saturday, July 4, 2015

Tanda-tanda Akan Datangnya Lebaran

Kita sudah melewati pertengahan bulan Ramadhan, ibaratnya separo jalan lagi menuju lebaran. Saya kurang begitu paham asal-usul penyebutan untuk kata Lebaran, apakah dari kata lebar atau bagaimana saya kurang paham.

Dipostingan ini saya tidak akan membahas asal-usul kata lebaran, melainkan tanda-tanda akan datangnya lebaran khususnya di Indonesia. Mumpung masih pertengahan kan, jadi ada baiknya bahas tanda-tanda datangnya Lebaran, biar tambah wawasan.


1. Pulang Kampung
Jika perpindahan penduduk dari desa ke kota di sebut urbanisasi, maka perpindahan penduduk kota ke desa bisa kita sebut Mudik. Kegiatan ini merupakan tanda paling mainstream datangnya lebaran, berkumpul dengan keluarga besar di tempat kelahiran dalam suasana lebaran memang selalu dinanti-nanti.

2. Perlahan Masjid Menjadi Sepi
Kalau semakin dekat dengan lebaran, salah satu tandanya adalah masjid sepi, jamaah shalat tarawih dan witir semakin sedikit. Sungguh sebuah mistery yang aneh.

3. Banyak makanan
Yah, namanya juga lebaran, yang namanya makanan adalah sebagai pelengkap suasana lebaran saat berkumpul dengan kerabat dan tetangga.

4. Pembantaian Hewan Ternak
wih, bahaya kali bahasanya, tapi memang begitu adanya, tanda lebaran semakin dekat adalah banyaknya hewan ternak yang di bunuh untuk manusia konsumsi di hari lebaran. Banyaknya daging-daging yang digantung kemudian di sayat-sayat.

5. Makin Banyak Kejahatan
Kejahatan itu selalu up to date seiring perkembangan zaman, demikian pun bagaimana para pencuri, pencopet, perampok, dalam menyambut lebaran. Mereka tak ingin ketinggalan euforia menyambut lebaran dengan mengambil sebagian atau seluruh harta orang lain untuk keperluan lebaran.

6. Pengemis Semakin Banyak
Jangankan di kota-kota besar, di Kerinci saja yang masih berupa kabupaten kecil sudah di datangi gerombolan pengemis dadakan. Ada yang spesialis menggendong anak, spesialis di tempat ibadah, spesialis mengelap kaca mobil dan sebagainya. Pengemis sekarang sudah cerdas rupanya, menyambut datangnya lebaran dengan menguras rasa kasihan orang dan tentunya menguras THR.

7. Perbaikan Jalan
Bagi anda yang pulang kampung dengan menempuh jalan darat, hendaklah anda bersabar sedikit dengan adanya perbaikan serta penyempitan jalan, ini merupakan tanda-tanda datangnya lebaran (kapan lagi diperbaiki kalau bukan di moment menyambut lebaran). Perbaikan jalan ini juga sudah jadi proyek tahunan pemerintah.

8. Tiket Habis
Sebaiknya, sebelum anda membaca tanda-tanda datangnya lebaran diatas anda sudah membeli tiket untuk pulang kampung, semakin dekat lebaran semakin susah cari tiket.

9. Petasan dan Kembang Api
Tak ada yang lebih menggemaskan selain anak kecil di keluarga kita merengek ingin dibelikan kembang api dan petasan. Setelah dibelikan, malah kita yang banyak menghabiskan keseruan bermain kembang api.

Sepertinya di pertengahan Ramadhan ini tanda-tanda lebaran sudah banyak terlihat, bukan? Namun yang terpenting dari tanda-tanda lebaran adalah terlihatnya hilal yang menandakan masuknya tanggal 1 Syawal yang nantinya akan di umumkan oleh pemerintah.