Minggu, 15 Februari 2015

No Comment No Cry


Pernah memperhatikan judul berita/artikel yang anda temui di situs berita dan televisi? Jawabannya saya pastikan saja pernah. Padahal beritanya sama persis, hanya saja penulisan judul yang unik serta menarik menjadikan berita yang sama menjadi banyak di baca. Penulis berita/artikel yang panjang akal pasti tau betul bagaimana cara menarik para netizen agar terdampar di situs berita tertentu. Kadang, saking ‘keterlaluan’-nya sampai ada judul berita yang amat jauh berkaitan dengan isi tulisan.

Ilmu membuat judul unik sempat saya coba juga di blog ini, postingan januari kemarin berjudul Lebih Bersinar daripada Raisa yang saya coba praktekkan sukses meningkatkan trafik blog saya dari tautan yang saya taruh di bawah komentar pada forum diskusi. Padahal isi tulisannya hanya tentang batu cincin yang sedang nge-trend saat ini, berupa cerita fiktif tentang beralihnya profesi seorang petani cabai menjadi tukang asah batu cincin. Setelah saya pikir-pikir kenapa mendadak banyak pengunjung blog, ternyata ada ‘Raisa’-nya di judul postingan. Karena ada plesetan seperti ini: Godaan untuk para laki-laki adalah Harta, Tahta, Raisa. Mungkin godaan terakhir memang yang paling bahaya untuk para laki-laki sehingga banyak yang mencari-cari keberadaan Raisa lewat tautan yang saya berikan. tautan yang saya taruh di forum diskusi tentang Raisa terbukti mengalahkan tautan lain yang juga saya taruh.

Ide membuat judul unik nan menarik saya pelajari dari forum-forum yang saya ikuti. Dalam sebuah forum, agar bisa mendapatkan banyak view, seorang Thread Starter akan menggunakan judul yang menurutnya berpotensi di-klik banyak orang. Paling sering saya temui di forum-forum diskusi adalah Thread yang ternyata isinya cuma jualan yang judulnya sangat menggoda untuk di klik. Memang tidak banyak dapat komentar, tapi lumayanlah untuk meningkatkan pengunjung baru.

Untuk mendapatkan banyak komentar bagi blogger memang agak sulit kalau blog yang kita kelola kurang menarik tema-nya. Pantauan saya, blogger yang dapat banyak komentar adalah mereka yang suka memberi komentar juga di blog orang lain. Selebihnya blogger yang sudah terlanjur terkenal seperti kang ismet dengan tips dan tutorialnya, benablog dengan blognya yang unik dan blogger terkenal lainnya. Kalau blog yang sudah terkenal sih enak. Nah untuk blog yang seperti blog ini kan agak susah kalau tidak berkomentar di blog orang lain. Caranya ya dengan berkunjung ke blog sebelah. Dengan meninggalkan komentar di blog orang lain, tanpa kita suruh pun, empunya blog pasti akan kepo, mencari siapa yang telah memberi komentar. Blog ini juga terlihat sepi komentar, hanya teman-teman yang mau berkomentar saja yang rela berkomentar. Selebihnya silent reader.

entah senang atau apa, seoarang blogger pasti berharap mendapat banyak komentar di setiap tulisan yang dibuat. Dengan adanya komentar menunjukkan adanya reaksi dari pembaca yang membuat blogger lebih semangat lagi untuk memproduksi tulisan. Komentar itu penting namun menulis itu lebih penting lagi, semoga dengan jarangnya ada komentar di blog ini tidak meyurutkan niat untuk tetap menulis. Seperti lagunya Bob Marley, no comment no cry.