Tuesday, January 27, 2015

Berselancar dengan Opera Browser

Menjelajahi dunia internet merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang, mencari informasi, tutorial yang kita butuhkan, menonton video, ataupun sekedar mengobrol di media sosial. Semua dibutuhkan yang namanya browser agar semua kegiatan itu bisa dilakukan. Seiring dengan maraknya perkembangan ponsel pintar (smartphone) browser pun di buat agar bisa digunakan di smartphone.

Tentulah akan sangat membantu sekali jika browser yang kita gunakan memiliki kecepatan dan tidak melambat saat digunakan serta memiliki kelebihan dari browser lainnya. Dan pada postingan ini, saya tidak membahas browser yang terdapat pada smartphone melainkan browser pada komputer laptop ataupun notebook.


Pengalaman mencoba berbagai browser yang pernah saya pasang di notebook saya, menunjukkan ada beberapa browser yang ketika dibuka pertama kali terjadi waktu tunggu yang agak lama sebelum browser siap dipakai, ada juga juga beberapa browser yang terlalu butuh banyak add-on agar memudahkan dalam membuka file video misalnya.

Nah, sejak Desember kemarin saya mulai beralih dari browser lama saya ke Opera Browser. Opera Browser ini cukup mengejutkan saat pertama kali di buka tidak terjadi sesuatu yang melambat seperti banyak dialami oleh browser lainnya. Opera Browser merespon dengan cepat saat diberi perintah membuka browser, hal ini tentu berguna bagi anda yang butuh informasi cepat tanpa perlu kesal dengan browser yang sering melambat.

Semakin hari memakai Opera Browser semakin tertariklah saya dengan fitur andalan pada browser ini, yaitu Discover. Ini adalah sebuah fitur bawaan dihalaman utama browser yang menyajikan berita paling baru di setiap negara dan dari berbagai situs berita. Pada fitur ini juga tersedia berbagai kategori berita yang ingin kita simak. Kita juga bisa memilih berita apa yang sedang populer di negara tertentu termasuk indonesia. Sehingga pengguna tidak ketinggalan informasi yang tengah menjadi trending topic.




Selain fitur Discover, terdapat satu fitur bawaan lagi yaitu Opera Turbo. Ini juga menarik perhatian, fitur ini sangat berguna ketika kecepatan internet kita sedang melambat atau sekedar ingin hemat kuota. Namun ketika saya memakai fitur ini, sayangnya Opera Turbo belum begitu terasa kinerjanya, perbandingannya dengan memakai dan tidak memakai Opera Turbo belum keliahatan signifikan.

Terakhir, pada bagian speed dial ternyata saya baru mengetahui ternyata bisa menambahkan folder atau mengumpulkan beberapa speed dial dalam satu folder yang terletak di halaman depan. Jadi ini menguntungkan dan tidak memakan banyak tempat.


Itulah sedikit pengalaman saya menggunakan Opera Browser, dan saya merekomendasikan anda juga memakai browser yang sama.