Kamis, 06 November 2014

Mencegah Virus Ebola

Cepatnya perkembangan virus Ebola membuat khawatir warga dunia. Virus yang sangat mematikan dari Afrika ini memang benar-benar mematikan, pasalnya kemungkinan untuk sembuh dari penyakit ini adalah 0% alias tidak ada. Asal kata Ebola sendiri diambil dari nama sungai yaitu sungai Ebola, Kongo, Afrika.

Gejalanya biasanya dimulai dua hari hingga tiga minggu setelah terjangkit virus, dengan adanya demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sakit kepala. Biasanya diikuti dengan mual, muntah, dan diare, serta menurunnya fungsi liver dan ginjal. Pada saat itu, beberapa orang mulai mengalami masalah pendarahan.

Penyakit Ebola dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh seperti keringat, air mani, air liur, pakaian kotor dan kontak langsung lainnya yang sejenis. Penyakit ini telah ditemukan vaksinnya yang 90% efektif untuk monyet, tapi vaksin untuk manusia belum ada.



Sebagai bentuk kewaspadaan, ada baiknya kita mengetahui cara mencegah virus mematikan ini. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus Ebola:

Pertama
Jika kamu punya rencana pergi ke Afrika, tunda dulu hingga ada kejelasan bahwa virus sudah benar-benar tidak ada atau ketahuilah negara-negara mana saja yang sudah mulai terjangkit ebola.

Kedua
Hindari membeli atau memakan daging hewan liar. Belilah daging yang jelas asal-usulnya serta masaklah daging sampai benar-benar matang.

Ketiga
Biasakan mencuci tangan sebelum ataupun sesudah makan. Ajaklah keluarga kamu untuk melakukan kebiasaan mencuci tangan.

Keempat
Hindari kontak langsung dengan orang yang terjangkit Ebola. Tanya pasangan kamu apakah dia positif ebola atau tidak, jika iya, segera minta putus.

Kelima
Jika kamu sedang dalam status pacaran dan pacar kamu minta cium, beranilah untuk menolak karna virus ini sangat mudah menyebar melalui air liur dan keringat.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan yang merupakan bentuk kewaspadaan agar terhindar dari virus mematikan dari Afrika ini.

sumber: [wikipedia / tempo]