Tuesday, May 6, 2014

suara.com, Portal Berita Segar dan Cerdas

Tidak bisa kita pungkiri bahwa informasi memang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Apalagi untuk makhluk hidup zaman sekarang yang serba instan, tentulah butuh informasi yang segar serta cerdas.

Disaat alur informasi yang begitu dibutuhkan, orang-orang biasanya lebih memilih untuk mencarinya melalui internet yang mudah diakses dari berbagai perangkat, semisal smartphone, tablet atau personal computer.
Melihat kebutuhan manusia akan informasi yang begitu tinggi, bermunculan portal-portal berita yang menawarkan informasi segar dan ter-update. Media online semacam ini ternyata sudah melampaui media informasi terdahulunya seperti televisi ataupun koran. Bahkan beberapa stasiun televisi atau media cetak sudah banyak yang melenggang masuk ke dunia online. Semuanya berlomba menyajikan berita yang segar, up to date dan aktual kepada pembaca.

Nah! Baru beberapa bulan ini, PT. Mata Media Nusantara menelurkan sebuah portal berita baru yang segar serta enak dibaca. Namanya adalah suara.com.


Bukan sembarang portal berita saja, suara.com ini punya banyak sekali keunggulan dibanding portal yang sudah lama melenggang. Apa saja unggulnya suara.com ? jom! Kita bahas.

Tampilan
Suara.com mempunyai tampilan yang berbeda dengan portal berita lain. Suara.com lebih kaya warna dan desainnya yang menarik. Ini terlihat seperti pengelompokan berita yang sesuai dengan kanalnya masing-masing, dan setiap kanal diwakili oleh warnanya masing-masing sehingga lebih menarik dan pembaca dengan mudah mencari berita di kanal mana yang akan mereka baca.

Berita
Karena informasi dibutuhkan secara cepat dan akurat, maka berita yang disampaikan juga harus singkat, padat, jelas serta tanpa mengurangi esensi dari berita yang disampaikan. Nah! Di suara.com berita yang disajikan adalah berita yang ditulis dengan jelas tanpa panjang lebar. Jadi, pembaca mendapatkan point penting dari berita dengan baik.




Must watch dan Must see this
Ini salah satu yang saya suka dari suara.com, menarik dan mudah dipahami. karena disajikan dalam bentuk antar muka yang mengandalkan video dan gambar. Must watch, adalah berita yang disajikan dalam bentuk video. Must see this, adalah berita dalam bentuk gambar. Kedua kanal ini merupkan kumpulan berita terhangat dan terpopuler yang disajikan secara berbeda. Tentulah yang berkunjung ke suara.com tidak terlalu fokus pada berita dalam bentuk tulisan, melainkan dalam bentuk yang lebih ceria dan mudah dimengerti.



Popular Tag
Tampaknya redaksi suara.com begitu memahami para pembacanya. Popular tag begitu mempermudah pembaca mengetahui informasi apa saja yang paling hangat dan yang sedang poluler. Pada widget ini, berita yang tersaji di suara.com dikelompokkan berdasarkan tag/label. Pembaca akan diarahkan ke berita paling banyak dibaca melalui popular tag ini.



Back to top
Kelihatannya ini sepele, namun sangat berguna. Ketika pembaca selesai membaca dan sudah berada pada halaman paling bawah, pembaca tidak perlu lagi scroll untuk kembali ke atas. Cukup dengan menggunakan tombol back to top ini, dengan sekali klik pembaca akan dibawa kembali menuju bagian atas laman.


Tombol berbagi
Saya begitu tertarik dengan tombol berbagi ala suara.com. desainnya yang menarik, mendorong pembaca untuk berbagi informasi dengan orang lain di media sosial. Dan disinilah juga peluang suara.com agar menjaring lebih banyak pembaca lagi.




Itulah beberapa keunggulan yang menurut saya ikut membuat suara.com lebih cepat dikenal. Ini terbukti dengan page rank Alexa yang menempati 4,978. Sungguh pencapaian yang luar biasa dalam kemunculannya yang baru beberapa bulan.

***

Namun demikian terdapat beberapa kekurangan di suara.com menurut saya. Kita semua setuju, tidak ada buatan manusia yang sempurna, begitu juga dengan buatan PT. Mata Media Nusantara ini. Dari awal saya sudah membahas keunggulan suara.com. tidak fair kalau saya hanya bilang unggul. Baiklah! Mari kita lihat apa saja yang kurang dari suara.com dan apa saja saran yang diberikan #BloggerBego yang khusus pada kanal News dan Bola.

Kanal News
Hampir tidak ada yang janggal di kanal news, secara keseluruhan terlihat indah dan teratur. Kanal news mempunyai sub kanal : Nasional, Internasional, Sport dan Metropolitan. Kalau boleh saran, sub kanalnya ditambah lagi dengan politik. Berita politik belum begitu dianggap penting oleh redaksi suara.com karena cuma masuk kedalam sub kanal Nasional. Padahal berita politik tidak kalah laku dengan berita-berita lain. Apalagi kita bangsa indonesia lagi hangat-hangatnya berita mengenai politik sekarang ini.

Kanal Bola
Ini juga merupakan salah satu kanal yang ramai dikunjungi oleh pembaca. Tentulah yang dibahas tentang bola. Berbeda dengan portal berita lain, di suara.com kanal bola dilengkapi dengan berita-berita dari luar lapangan. Jadi, tidak melulu membahas tentang bola, tapi juga ada hiburannya agar pembaca tidak terlalu jenuh. ini benar-benar terobosan baru kalau menurut #BloggerBego. Hanya saja saran saya pada tab klasemen, sebaiknya informasi mengenai klasemen ini diletakkan di sidebar saja. Agar lebih mudah, tanpa harus di klik terlebih dahulu.

Mungkin itu kesan serta saran #BloggerBego untuk kedua kanal teramai di suara.com

Terakhir, karena saya juga sering berkunjung ke suara.com, saya memperhatikan satu hal yang patut menjadi fokus redaksi suara.com.

Kotak Komentar
Suara.com menggunakan kotak komentar dari facebook, mungkin menurut tim redaksi ini merupakan sebuah metode promosi. Saat ada yang berkomentar, maka komentarnya akan otomatis muncul di aktifitas akun facebook si pembaca dan tentunya membawa link dari suara.com. menurut saya ini tidak terlalu efektif. Saya berpendapat bahwa tidak semua orang punya akun facebook. Saya saran, kotak komentarnya diganti dengan kotak komentar dari disqus, karena lebih universal daripada facebook. Disqus memberikan keluasan untuk berkomentar, karena pembaca masih bisa berkomentar menggunakan facebook, twitter dan email.

Selain itu juga penempatan kotak komentar yang terlalu jauh dari artikel. Sebaiknya ya tidak terlalu jauh, agar pembaca yang ingin berkomentar tidak cepat terpengaruhi dengan berita lain yang ada di related post.

Kemudian, kalau boleh usul supaya suara.com menambahkan sub domainnya untuk forum dan blog. Mungkin seperti forum.suara.com dan namablog.suara.com, menurut saya, ini adalah point tambahan untuk suara.com agar lebih banyak yang betah berlama-lama di suara.com selain hanya sekedar membaca berita.

Mungkin itu saja yang saya perhatikan pada portal berita yang segar dan cerdas ini. selain itu menurut saya sudah baik sekali, berkali-kali malahan.

Harapan saya, suara.com tetap menjaga gaya tulisannya dalam menyajikan berita dan semoga suara.com menjadi portal berita ter-update, teraktual dan terpercaya.

Tagline: Cerdas Menyuarakan Berita