Thursday, April 17, 2014

Gara-gara Internet, Muncullah #BloggerBego

Saya ingat betul bagaimana dulu saat pertama kali mengenal internet. Kelas satu SMP itu belum kenal internet, baru belajar mengenal perangkat komputer. Kelas duanya baru belajar menghidupkan komputer, dan mematikan komputer dengan baik dan benar. Kenapa saya bilang baik dan benar? Karna banyak yang bilang kalau mau mematikan komputer cukup dengan mencabut aliran listrik dari sumbernya. Benar juga sih, tapi ngga baik. Naik ke kelas tiga, belum juga diizinkan oleh guru untuk bersentuhan dengan internet. Kami baru diajak mengenal istilah-istilah apa saja dalam internet.
Pas akhir-akhir mau tamat baru deh di suruh praktek, tangan saya gemetaran disuruh megang tikus doang padahal (baca: mouse). Jari saya kaku disuruh megang papan kunci (baca: keyboard). Padahal disuruh ngetik nama sendiri di mesin pencarinya google.

Disitulah baru saya kenal yang namanya Internet. Belum kenal banget sih. Untunglah saat itu mulai bermunculan yang namanya warung internet, saya sering diajak abang saya main ke warnet walaupun ngga disuruh main. Karna keseringan cuma diajak, saya beranikan diri untuk bilang:
"bang, boleh main internet juga ngga ??"
"emang udah bisa main internet ??"
"bisa dong, kan sering liat abang main.. "
"yaudah sana cari yang kosong"
Sebenarnya waktu itu sama deg-degannya ketika SMP. Karna saking pengen tau gimana rasanya ya saya beranikan untuk main.

Yang pertama kali saya buka tentunya google. Bingung mau cari apa, saya ketik nama saya sendiri saja disana. Hasilnya sudah bisa ditebak,
no result for Wara Lofitra 
Ya jelas, memangnya siapa saya. Mulai hari itu, saya jadi ketagihan sama yang namanya internet. Mulai sering main di warnet-warnet dengan teman-teman seangkatan. Teman-teman saya sih pada main game online, engga tau kenapa saya sama sekali tidak tertarik dengan yang mereka mainkan. Saya lebih tertarik untuk sekedar menjelajah dan berselancar di internet. membaca berita-berita terbaru, mencari tutorial yang saya butuhkan, mencari referensi tugas sekolah dan banyak lagi. Banyak manfaat dari internet yang belum banyak orang tau. Baca berita dan cari tugas hanya sebagian kecil manfaat internet. masih banyak lagi yang lainnya seperti:

1. Melihat Tutorial
Ini cocok banget sama orang yang pengen modifikasi motor misalnya. Di internet, jutaan tutorial mengenai modifikasi motor, belum lagi tutorial lainnya. Masak-masak misalnya.

2. Bisnis
Banyak jenis usaha yang bisa dilakukan melalui internet. menjual berbagai barang atau jasa secara online memang sudah menjadi kebutuhan sekarang ini. tinggal pencet-pencet dikit, bayar, barang sampe.

3. Berita
Buat yang hobi banget cari tau tentang artis kesukaannya. ngga perlu nonton gosip lagi, semuanya sudah disediakan di internet. apapun dan siapapun artisnya, ada beritanya. Buat kamu yang sukanya baca berita politik, ekonomi, kriminal atau lainnya juga ada. Lengkap.

4. Diskusi
Ya. Diskusi juga bisa dilakukan di Internet, ngga percaya? Cari saja forum-forum yang kamu suka. Kamu akan tambah cerdas kalau diskusi di internet. kamu ngga perlu meng-acungkan tangan seperti di dunia nyata. Cukup kirimkan pendapat kamu. 

5. Cari jodoh
Eits! Siapa bilang ngga bisa? Bisa kok. Banyak situs cari jodoh di internet yang siap ‘menjual’ kamu. Kalo ngga mau ya cari sendiri di media sosial. Gampang kan?

6. Kirim-kirim berkas
Ngga perlu lagi nungguin kiriman yang tiga hari belum tentu sampai. Cukup berkirim berkas melalui email misalnya, sekali klik langsung terkirim. Kurang hebat apalagi Internet?. melamar kerja dari internet juga bisa.

7. Curhat
Yang ngga punya temen buat mencurahkan isi hati atau yang males curhat sama temennya sendiri bisa curhat di internet. contohnya yang punya blog ini, sering curhat mengenai apapun yang ia lihat sekitarnya. Bahkan lebih dari hanya sekedar curhat, kamu juga bisa menulis artikel tentang pelajaran atau tutorial misalnya.

Masih banyak sih manfaat positif internet lainnya, kalo disebut satu per satu, mungkin kamu akan bosan sama postingan ini. intinya kita harus mengenal internet dan memanfaatkannya untuk kelangsungan hidup kita. Kalau sudah kenal banget sama Internet, tugas kita selanjutnya adalah memperkenalkan kepada orang yang belum kenal. apalagi zaman sekarang semua orang sudah punya perangkat untuk mengakses internet. bukan laptop doang. Orang-orang sudah punya smartphone yang rugi banget kalo dipake cuma buat nelpon sama SMS. Pokoknya sehari tanpa internet itu bagaikan tersesat dihutan tengah malam dan ngga ada petunjuk sama sekali. Serem banget deh pokonya.

Dan terakhir, manfaat internet yang terpenting adalah gara-gara Internet saya jadi bikin blog ini, gara-gara internet saya jadi suka nulis dan curhat, gara-gara internet saya jadi banyak tau, dan gara-gara internet kamu berada di #BloggerBego ini. itu artinya kamu sudah meng- #GenggamInternet.

Tautan: http://telkomsel.com/genggam-internet

*posting ini diikutsertakan dalam lomba blog telkomsel