Sunday, December 22, 2013

Saya Kagum dengan NET.

Akhir-akhir ini saya jadi suka nonton televisi jika sudah sampe dirumah. Mungkin sebagian orang akan langsung istirahat tidur jika sepulang kerja atau kuliah. Berbeda dengan saya yang langsung menyalakan televisi dengan acara-acara yang saya suka tentunya.

Jika diperhatikan lebih teliti acara-acara di televisi kita Indonesia, semua hampir tidak berkualitas dan maaf saya bilang acaranya tidak bermutu apalagi mendidik. Banyak acara-acara yang bertentangan dengan tujuan negara Indonesia. Acara yang tidak mencerdaskan kehidupan bangsa.

Acara musik yang seharusnya memutarkan musik, yang terlihat cuma bagi-bagi hadiah kepada penonton yang maaf saya sebut Alay. Syukur-syukur bila pembawa acaranya mengerti dengan musik, tapi nyatanya pembawa acaranya pun sama sekali tidak mengerti musik. Mereka biasanya bilang ‘Majulah Musik Indonesia’ tapi mereka yang mengajarkan lipsync. Maka tidak heran jika banyak orang indonesia yang suka dengan musik barat dan musik korea sana. Kemudian yang saya perhatikan lagi dari televisi indonesia adalah acar komedi yang mengajarkan orang melemparkan tepung dan berkata tidak pantas kepada lawan bicaranya.

Bahkan banyak komedian muda yang berani-beraninya berkata kotor kepada komedian yang lebih tua. Mereka bilang ini profesionalitas dalam bekerja. Tapi saya bilang ini pembodohan publik dan kegiatan menabung dosa.

Bukan hanya komedi, ada juga sinetron yang entah kapan endingnya. Namun yang aneh acara-acara ini mempunyai rating yang tinggi. Apakah ini hiburan yang pantas untuk masyarakat indonesia?. Semua acaranya sama sekali tidak berkualitas. Bahkan berita-berita politik yang ditayangkan merupakan pesanan sponsor dan diatur sedemikian rupa demi bisa berkampanye terselubung.

Terlepas dari semua acara yang membosankan dan tidak berguna yang tersebut diatas. Untungnya kita masih punya stasiun TV yang masih bersih dari campuran Alay dan mengandung muatan politik. Yang saya maksud adalah NET. Sepengetahuan saya cuma channel ini yang masih layak tonton.

Dengan tampilan gambar yang jernih dengan kualitas High-Definitionnya. Channel ini juga bebas dari virus Alay dan goyang-goyang tidak bermutu. Yang lebih penting lagi siaran NET. tidak dikendalikan atas perintah seorang yang berkepentingan dibidang politik. Ditambah dengan acara-acaranya yang berkualitas dan sama sekali tidak mengandung gossip. Meskipun itu acara gosip, tapi yang diberitakan sangat jauh dari kata gossip. NET. hanya menayangkan hiburan yang High-Definition sesuai dengan kualitas gambar mereka. Tidak ada sinetron yang menjual kisah-kisah fiktif di channel ini.

Acara musiknya juga berkualitas yang memang fokus pada musik itu sendiri. Bukan seperti channel tetangga yang dicampurbaurkan dengan tarian dan bagi-bagi duit. Komedinya juga sangat masa kini yang jauh dari hinaan dan cacian dari lawan bicara. Talkshownya juga tidak membuat narasumber keceplosan jika diwawancarai. Acara musiknya mengingatkan saya pada acara MTV yang dulu sempat tenar. Walaupun rating acara di NET. belum tinggi, setidaknya mereka lebih berkualitas. Percayalah! Rating itu urusan kuantitas bukan kualitas.

Diantara acara-acara di NET. yang paling saya suka adalah Lentera Indonesia, Indonesia Bagus, Sarah Sechan, The Comment, Xgames, Tonight Show, entertainment news, BreakOut, Music Everywhere, D’Sign, iLook, dan We Sing For You.

Saya tidak akan pernah bosan dengan acara-acara tersebut. Dibalik itu semua hanya satu yang saya heran. Hampir tidak terdapat iklan di channel ini. Sekalipun ada, hanya iklan acara-acara di channel NET. itu sendiri.

Lalu bagaimana mereka menggaji tim kreatif mereka yang sangat kreatif?? Ah entahlah! Yang terpenting sekarang adalah bagaimana channel ini konsisten dengan tujuan mereka dan tidak Latah meniru channel lain. Saya berharap channel NET. akan ada seribu tahun lagi dengan acara-acara yang berkualitas dan mendidik.

O ya ! selain NET. ada KOMPAS TV yang tidak kalah menariknya. yang konsisten mengusung StandUp Comedi-nya. saya berharap kedua channel ini bekerja sama dengan kaskus.co.id. apa jadinya jika mereka bergabung?? Yang jelas TV lain akan merasa minder dengan acara yang pernah mereka buat. #pfftt

*tulisan ini diposting berdasarkan inisiatif sendiri, bukan dibayar ataupun lomba.