Selasa, 03 Desember 2013

Mahasiswa Berdasarkan Tujuan

Anda berpikir kalau yang namanya mahasiswa adalah makhluk yang kekampus hanya ingin belajar dan mengikuti perkuliahan? Anda salah. Karena tidak semua yang namanya mahasiswa pergi kekampus itu ingin belajar. Banyak maksud terselubung dibalik rajinnya seorang mahasiswa yang belum terpublikasikan. Masih banyak mahasiswa-mahasiswa modus yang bertebaran di dalam dunia perkampusan.Dipostingan kali ini saya akan membahas mengenai tujuan mahasiswa pergi kekampus.
Ada banyak alasan dan tujuan untuk mahasiswa jika hanya sekedar pergi kekampus. Mulai dari alasan paling mainstream dan alasan yang anti-mainstream (aneh). Kita mulai menilik dari alasan paling mainstream ke alasan yang anti-mainstream.

Sekedar Isi Absen
Mahasiswa yang tujuannya kekampus hanya untuk sekedar isi absen adalah tipe mahasiswa yang paling banyak terdapat di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, mahasiswa jenis ini pasti ada disetiap kampus. Dan biasanya juga mahasiswa yang seperti ini tidak banyak omong ketika mengikuti perkuliahan. Ia akan diam dan hanya diam didalam ruang belajar.

Cari Jodoh
Tidak bisa disembunyikan kedok mereka di dunia perkuliahan, mahasiswa yang tipe ini nyata adanya. Bahkan semakin marak. Bagi mereka kampus adalah ajang cari jodoh dan senang-senang belaka. Mereka rajin datang ke kampus bukan karena ingin belajar tapi ingin bertemu lawan jenis dan memberikan senjata tergombal yang akan keluar dari mulut modus mereka. Jika biasanya hal ini dilakukan oleh kalangan laki-laki, yang perempuan juga tidak mau kalah, mereka akan memikat dengan cara mereka sendiri dengan berpakaian se-menarik mungkin. Memakai pakaian yang amat sangat mencolok dan cerah. Semua demi lawan jenis agar tertarik dengan mereka. Sungguh, ini akan merusak reputasi para jomblo yang masih menjunjung tinggi persaingan sehat dalam mendapatkan jodoh.

Demi Demo
Yang tipe begini adalah mahasiswa organisasi biasanya. Meski demonya diluar kampus, mereka biasanya akan ngumpul-ngumpul terlebih dahulu di kampus. Mengatur strategi untuk di lokasi nanti. Kata-kata apasaja yang harus keluar, pake lempar tomat apa engga, pake telur busuk apa engga,mahasiswa tipe ini adalah yang paling kritis diantara yang lainnya. Tapi banyak yang meragukan ke-kritis-an mereka. Bahkan ada yang menganggap tipe yang begini taunya cuma unjuk rasa, dihari-hari biasa mereka bahkan tidak membuat tugas dan sering tidak masuk.

Koneksi Internet
Disetiap kampus diseluruh Indonesia mayoritas telah terpasang fasilitas untuk terkoneksi dengan dunia maya. Hampir seluruh mahasiswa yang datang ke kampus dengan tas yang berisi laptop/notebook. Ini berguna jika sang dosen berhalangan hadir, maka yang jadi ganti sang dosen adalah PC yang terkoneksi internet. Mahasiswa tipe ini juga mahasiswa yang bertujuan positif untuk masa yang mendatang, mereka menyalurkan  hobi mereka lewat yang biasa kita sebut WiFi, mencoba menembus firewall setiap situs. Atau hanya sekedar mengisi dan membuka akun mereka di beberapa social network.