Rabu, 25 Desember 2013

Kenapa Mahasiswa Malas Datang Kuliah?

Dalam hidup ini ada dua tipe manusia, yang malas dan yang rajin. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tipe mahasiswa yang malas. Lebih spesifiknya sebab-sebab seorang mahasiswa malas datang kuliah. Kuliah adalah rutinitas mahasiswa, ada mahasiswa yang rajin datang kuliah dan ada mahasiswa yang malas-malasan dan jarang kuliah. Ada apa dibalik ketidakdatangan tersebut? Berikut yang akan saya sampaikan mengenai penyebab kemalasan mahasiswa berdasarkan survei terhadap beberapa mahasiswa dikampus saya. Bukan survei beneran sih, sebagiannya ditambah dengan intuisi saya pribadi. Silakan disimak!

1. Salah Jurusan
Ini adalah sebab paling mainstream dikalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang salah jurusan dengan berbagai alasan, seperti paksaan dari orang tua, ikut-ikutan teman, ikut-ikutan pacar, dan sebagainya. Mahasiswa yang begini biasanya akan merasa tidak nyaman dengan apa yang ia jalani, tidak sesuai denga minatnya. Oleh sebab itu timbullah rasa malas datang kuliah. Disini saya sarankan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat dan hati nurani. Namun jika sudah terlanjur, tidak ada salahnya untuk melanjutkan perjuangan, karena tidak sedikit tokoh-tokoh besar yang awalnya juga salah jurusan.

2. Berteman dengan Orang yang Salah
Dalam dunia perkuliahan dubutuhkan teamwork yang kompak. Salah satunya adalah memiliki teman yang sesuai dengan jiwa kita. Jika seorang mahasiswa itu bukan perokok, dan ia berteman dengan seorang perokok. Maka akan timbul rasa tidak nyaman ketika saat-saat berkumpul. Disinilah kita akan menemukan rasa jenuh terhadap kegiatan yang dilakukan di kampus. Mulailah datang rasa malas untuk kuliah.

3. Nilai yang Mengecewakan
Jika seorang mahasiswa itu cepat merasa putus asa, maka yang akan terjadi hanyalah menyerah dengan apa yang dilakukan selama ia berjuang. Sering mahasiswa merasakan usaha keras untuk mendapatkan nilai A selama menjalani aktivitas kuliah tidak berbuah manis. Nilai yang didapat mengecewakan, sehingga timbul rasa jengkel dan hasil yang tidak setara dengan usaha. Ini juga merupakan salah satu penyebab malas kuliah. Karena mahasiswa merasa putus asa dan depresi dengan nilai yang ia dapatkan.

4. Masalah Keluarga
Tidak bisa dipungkiri bahwa orang terdekatlah yang sangat berpengaruh dalam hidup kita. Karena setiap orang akan butuh dukungan serta motivasi untuk bisa semangat menjalani hidup. Namun apa jadinya jika orang terdekat kita, orang tua yang diharapkan mendatangkan motivasi malah bertengkar dan sering tidak sepaham. Maka seorang mahasiwa akan terganggu konsentrasinya dalam menjalani kuliah.

5. Sering Begadang
Biasanya dialami oleh yang laki-laki, walaupun yang perempuan juga ada tapi belum banyak. Begadang yang sepertinya sepele sangat berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh seorang mahasiswa. Sehingga jika mahasiswa terlalu sering begadang, akan timbul rasa letih dan tidak semangat lagi untuk kuliah. Terlalu emosional dan tidak dapat konsentrasi terhadap apa yang sedang dijalani. Rasa kantuk yang luar biasa akan membuat mahasiswa bermalas-malasan. Caranya: aturlah waktu anda dengan lebih bijak sehingga dapat memaksimalkan waktu istirahat. Sering begadang ini juga pernah melanda saya, namun dengan semangat untuk maju maka saya pelan-pelan mengurangi aktivitas begadang. Karena saya tau begadang tidak ada artinya, begadang boleh saja aaaaaa.... kalau ada perlunya..

6. Masalah Remaja
Setiap orang punya masalah tak terkecuali remaja. Berbagai masalah datang menhampiri remaja yang sedang dalam masa tumbuh dewasa. Seperti masalah hati, baru putus hubungan dengan pacar kemudian galau menahun misalnya. Masalah-masalah remaja ini dapat mempengaruhi stabilitas perkuliahan yang sedang dijalani, karena berurusan dengan mood mahasiswa itu sendiri. Saran saya cuma satu, Bijaklah dalam masalah-masalah semacam ini dan jangan terlalu lebay dalam penyelesaiannya.

7. Sering Dibully
Sering mendapat ejekan di kampus adalah salah satu penyebab malas kuliah. Jika tingkat percaya diri seseorang itu rendah, maka yang akan terjadi ketika dibully adalah akan timbul rasa tidak nyaman dengan suasana kampus. 

8. Dosen Killer
Karena banyak mahasiswa yang takut dosen killer, maka saya masukkan dalam salah satu sebab malas kuliah ini. Ada pepatah yang mengatakan
 Setiap kampus punya pembunuhnya masing-masing. 
Dengan tampang dosen yang sangar dan pelit nilai, ini juga akan mempengaruhi rajin atau tidaknya mahasiswa datang ke kampus. 

9. Jomblo
Sebenarnya jomblo bukan termasuk sebab malas datang kuliah sih, tapi ada sebagian jomblo yang tidak PD datang jika tanpa partner lawan jenis. Bagi saya pribadi, jomblo bukanlah halangan untuk malas datang kuliah. Justru karena saya jomblo, saya semangat menjalani perkuliahan. Karena tidak akan ada gangguan yang mendalam sampai ke hati. Meski sebenarnya hati seorang jomblo itu sepi. *sambil nangis*


Itulah beberapa hasil pengamatan saya mengenai mahasiswa yang malas dan jarang datang kuliah. Saya berpesan kepada anda pembaca blog ini untuk tidak menjadi salah satu penyebab malasnya mahasiswa datang kuliah. Khususnya untuk poin nomor 7, yang menurut saya sering menjadi akar suatu masalah besar. Seperti tawuran antar mahasiswa misalnya. karena sudah banyak kasus saling ejek yang berujung maut. Terakhir! Jangan jadikan jomblo sebagai alasan ya..!!