Senin, 18 November 2013

Gamer Bego

Di kampung saya jaringan internet sudah menjadi barang penting dan dicari-cari. Kalo buka usaha warnet pasti bakalan untung banyak. Apalagi sama anak-anak yang mulai ketagihan main video game, setiap hari sehabis pulang dari sekolah, Warung Internet kampung saya selalu penuh sama makhluk-makhluk kecil yang tidak menjilati tubuh mereka. Baik itu video game online yang ada di facebook, atau yang lebih tinggian dikit PointBlank. Sebenarnya main video game berpengaruh positif terhadap otak. Membuat usernya bisa merespon cepat hal yang datangnya tiba-tiba. Pengaruh positifnya itu saja, bisa dihitung dengan jari bahkan. Tapi yang lebih mengenaskan adalah pengaruh negatif dari anak-anak yang bermain video game itu lho! Hampir sama dengan akibat dari pecandu narkoba. Karena mereka akan berusaha tetap bermain dengan uang yang entah dari mana mereka peroleh. Sampai-sampai ada yang rela mencuri uang emaknya. Atau yang lebih tinggian dikit mencuri barang tetangga lalu dijual.

Bukan saja anak kecil yang ketagihan sama video game, dari kalangan tua juga ada. Katanya sih seru, sekaligus buat ngusir stress. Tapi percayalah, stress pada orang dewasa bukan hanya bisa dihilangkan melalui video game ko. Melalui hal yang positif lainnya juga bisa. misalnya menghilangkan kebiasaan merokok. Nah! Dikampung saya yang terjadi malah aneh, main video game sambil merokok dan disebelahnya ada anak kecil yang main video game  juga. Ayolah! Buat para gamer yang udah tua-an dikit, kalo main di warnet tolong hormati orang yang main di bilik sebelah, siapa tau disebelah anda ada ibu hamil. Kan bahaya? Asap rokok benar-benar tidak baik untuk kesehatan, apalagi rokoknya.
Saya sih lebih prihatin sama anak kecil yang masih punya banyak harapan untuk masa depan mereka, setiap harinya dihabiskan untuk main video game. Apalagi ada game yang sudah memakai uang untuk membeli senjata di game tersebut. Anak-anak ini akan berusaha mencari uang meskipun mencuri uang emaknya sendiri. Bukankah ini buruk untuk masa yang akan datang? Lantas siapa lagi yang akan mengurusi negara ini ? apakah perlu kita panggil Belanda dan Jepanguntuk menjajah kita lagi ??

Ayolah! Main video game itu boleh saja, asalkan masih sesuai dengan etika dan sopan santun. Tidak perlu teriak-teriak. Dan yang lebih penting lagi adalah memilih game yang ada nilai moral serta nilai kemanusiaan di dalamnya. Kalo cuma buat seru-seruan, saya rasa itu bukan pilihan yang tepat untuk menghilangkan stress. Malah tambah bikin stess, kita dipaksa untuk menyelesaikan game tersebut dan rela membeli apapun perlengkapan yang dibutuhkan. Kalo semua gamer sudah menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk duduk sambil teriak di depan PC, maka jangan salahkan jika saya anggap anda ‘Gamer Bego’ walaupun saya adalah #BloggerBego. Bermainlah dengan normal dan tidak perlu sambil merokok apalagi teriak. Pernah dengar ada gamer yang meninggal gara-gara kelamaan duduk di depan PC ?? coba tanya mbah gugel. Pernah dengar ada gamer yang tawuran di warnet gara-gara saling ejek ?? coba tanya mbah gugel. Semua kejadian buruk yang menimpa gamer tersebut mengajarkan kepada kita bahwa jangan mau jadi Gamer Bego. Jadilah gamer yang bijak!