Saturday, November 2, 2013

Akibat Nonton Film Ber-Subtitle

Wokeh! Pertama dan yang paling utama sekali marilah kita mulai postingan ini dengan sebuah  opini yang menurut perkiraan saya kira-kira begini: tidak ada orang indonesia yang tidak pernah menonton film. Percaya atau tidak anda-lah yang tau jawabannya. mulai dari film animasi, film perang, film romantis, komedi dan  segala tetek-bengeknya yang menggunakan subtitle. Dan jujur saja saya lebih suka nonton film bersubtitle (luar negeri tentunya) daripada film indonesia sendiri, yaaa alasannya sederhana saja, karena film dalam negeri sendiri kebanyakan film horor yang dibalut esek-esek. (atau jangan-jangan film esek-esek yang dibalut horor?). Menurut opini saya (lagi) sebagian besar film produksi indonesia tidak banyak mengandung makna-makna sosial, walaupun ada sebagian tapi belum banyak.

Perilaku saya ini adalah perilaku yang sungguh tidak Nasionalis pada negeri sendiri. Tapi jangan dilihat dari tidak nasionalis-nya. Mari kita lihat sisi positif menonton film luar negeri. Kebanyakan orang indonesia yang ingin menonton film luar negeri  yang High-Definition akan mengunduh film yang akan ditonton dari pada membeli kaset DVD-nya. (walaupun ada sebagian orang yang menunggu temannya mengunduh lalu dia cuma bisa menyalin file tersebut) Tentu yang di unduh bukan filmnya saja, melainkan juga subtitle-nya. Nah! Disinilah sebenarnya (menurut saya) akibat positif dari menonton film luar negeri itu benar-benar berguna bagi mereka yang memperhatikan subtitle-nya. karena didalam sebuah film itu terdapat dialog sehari-hari yang sederhana dan tentu ini berguna bagi orang yang mau belajar bahasa inggris (bahasa lainnya juga). Kalau boleh jujur, selama belajar bahasa inggris di sekolahan, saya akan lebih mengerti dan paham jika bahasa inggris itu di dengar dan di praktekkan. Bukan ditulis lalu dinilai. Karena bahasa adalah sebuah pembiasaan (kata dosen bahasa arab saya)

Yang positif lainnya adalah ketika didalam sebuah film terdapat quote-quote yang tentunya bersifat positif dan membangun. Maka secara tidak langsung, si penonton ini akan mengucapkan quote-quote itu berulang-ulang atau hanya sekedar bahan pamer ke teman-teman.

Disamping akibat positif tentu ada negatifnya, dan disini saya tidak akan memberi contoh yang bersifat negatif ketika kita menonton sebuah film. Akibat negatifnya bisa kita rasakan pada diri kita masing-masing. Saran saya untuk anda yang ingin belajar bahasa inggris melalui film, tontonlah film animasi. Karna selain dialognya yang sederhana film animasi juga banyak mengandung nilai-nilai sosial yang positif dari pada negatifnya. Misalnya: Madagascar, Rio, Cars, Wall-E, Up, Kungfu Panda, Astro Boy, G-Force, Ice Age, Rango, Brave, The Adventure Tin Tin* dan banyak lagi yang lainnya. Selamat Menonton Film Bersubtitle!

*daftar film favorit saya :D