Sabtu, 28 September 2013

Matanya Jangan Terlalu Sipit. Bisa?

Kalo ada diantara agan yang matanya sipit, ane minta maaf ya gan! Bukan mau mendiskriminasikan orang yang punya mata sipit, ane cuma mau make mata agan jadi perumpamaan artikel ane.  Ibaratnya minjam bentar doang. Supaya agan-agan yang lain bisa melek dari dunia yang sebenarnya hoax.

*maksudnya apasih!*

Oke sebenernya gini, ane sebagai orang Indonesia yang pengen negaranya dikenal banyak orang lewat budayanya yang unik.

Dan ane ingin ikut menyadarkan agan-agan yang masih terjebak dengan dunia per-ALAY-an-nya dalam mengikuti budaya luar yang matanya sipit. Yap! Maksudnya Korea. Dengan segala hebohnya boyband dan girlband dari negara tersebut secara halus telah membuat mata orang Indonesia yang sebenernya tampak belo, tiba-tiba jadi sipit ga jelas!.

Tidak adil rasanya jika cuma korea yang ane tuduh sudah men-sipit-kan mata orang Indonesia. Jepang, Amerika dan negara-negara lainnya yang punya artis ternama juga telah membuktikan bahwa mereka bisa membuat mata orang Indonesia menjadi tidak asli lagi.

Kalo dibandingkan dengan negara-negara lain, Artis Indonesia juga tidak kalah menariknya di bidang Seni Peran dan Musik. Buktinya sudah banyak artis Indonesia yang bisa bersaing di kancah Internasional. Yah ga usah disebut satu persatu lah ya..,, nanti ane dibilang ngidol lagi. 

Dalam fenomena mata sipit ini, korban  utamanya adalah anak-anak ABG labil yang masih perlu kasih sayang dari orangtuanya. Kasih sayang dalam bentuk uang misal. Mereka belum sepenuhnya mampu membeli aksesoris yang dipakai oleh artis yang diidolakannya. Yang parah, para ababil ini lebih bangga memakai dan memakan produk dari negara orang lain yang bukan Indonesia.

Misal, makan Sushi yang awalnya mereka liat di drama-drama. Pake hot-pants yang persis sama di film-film barat. Makan beras jepang yang katanya enak (padahal Indonesia adalah penghasil beras ternama didunia).

Dan yang terakhir (yang ini agak lumayan) menyanyikan lagu yang menjadi soundtrack di film-film yang mereka kagumi. Kalo beberapa ciri tersebut sudah ada pada diri agan, ane saranin agan cepet-cepet tobat deh gan. Sebelum agan jadi ALAY yang nyata.

Kalo agan sudah ada keinginan untuk berhenti bersinar didunia ALAY dan agan ingin mencintai budaya Indonesia yang kaya akan apa-apa ini, ane akan ajak agan untuk mencintai budaya kita. Budaya Indonesia.

Apa sih yang Indonesia engga punya?
Jika itu sejenis Tarian : Harlem Shake, Gangnam Style dan segala tetek bengeknya. Indonesia punya Goyang Caesar, Punya Goyang Sundul Gan.
Jika itu sejenis Makanan : Sushi, Pizza, dan segala tetek bengeknya. Indonesia punya Sate, Bakso, Rendang, Pempek dan lainnya yang tidak kalah enak.
Jika itu sejenis Pakaian : Hot-Pants, Dress dan segala tetek bengeknya. Indonesia punya Batik, Kebaya, Blangkon dan masih banyak lagi.
Jika itu sejenis Situs di Internet : Facebook, Twitter, Youtube dan segala tetek bengeknya. Indonesia punya KasKus, 1cak, Paseban, SalingSapa dan banyak lagi yang lainnya.
Jika itu sejenis Musik : Rock, Jazz, Pop, dan segala tetek bengeknya. Indonesia punya Dangdut, Keroncong dan banyak lagi yang lainnya dari daerah-daerah.

Gimana? Banyak kan budaya Indonesia?. Ini cuma sebagian kecil yang ane sebut. Tapi intinya ane ngajak agan untuk lebih mencintai budaya Indonesia, dan mencintai produk-produk lokal. Boleh sipit, asalkan masih bisa melihat.